Finally, I have my blog back!

/ Thursday, November 17, 2011 /
Setelah kurang lebih satu minggu blogspot saya dihack, akhirnya, saya berhasil menghilangkan ulah si Kopeng -hacker iseng yang nggak bertanggungjawab itu. Awalnya, saya ganti password email saya, dan mengecheck kode css ataupun html yang ada di template blog saya. Namun setelah melewati kesemua cara tadi, ternyata saya justru melewatkan kode-kode yang ada di widget saya. Haha, akhirnya saya terpaksa menghapus widget saya yang satu itu. 

Alhasil, pengunjung nggak bisa komen-komen di buku tamu, karena widget ini lah yang ternyata bikin blog saya kebobolan. Yah begitulah, karena kegaptekan saya ini, saya butuh waktu seharian buat ngoprek blog ini, sampai akhirnya saya sekalian ganti template yang cucok. Okelah kalau begitu, berikut cara-cara yang kemarin saya lakuin, dan mungkin  bisa ngebantu kalian buat ngatasin blog yang dihack.


Pertama:

2. Masuk ke 'dashboard' blogspotmu, lalu masuk ke 'design' buat ngeganti template blogmu.

3. Dari 'design', pilihlah 'edit html'. Cari kata-kata yang mencurigakan dalam templatemu. Misalnya, dalam kasus saya, si hacker menggunakan kalimat: "Kopeng was here", maka carilah kata-kata itu di dalam templatemu.

4. Jika kamu nggak nemuin kata-kata itu, berarti si hacker menyusup lewat jalan lain, sehingga mengubah template nggak merubah kondisi blogmu yg ke-hack tadi. Tapi, jika ada kata-kata itu, maka gantilah template blog kamu dengan template yang baru. Kamu bisa googling dan unduh template baru yang unyu-unyu (gratis pula), copy paste kodenya ke kotak 'edit template', dan lihatnya hasilnya lewat 'preview'. 

5. Jika jejak-jejak hacker tadi masih keliatan, berarti masalahnya ada di kode css yang lainnya. Periksa widget/gadget yang kamu pasang, kalau belum ketemu juga, kamu hapus dulu aja widget tadi. Ntar kalau blognya udah beres, barulah kamu pasang widget lagi.

6. Nah, itu tadi langkah-langkah sederhana yang akhirnya bisa ngembaliin tampilan blog saya yang sempet dihack. Kalau ternyata kondisi blog yang dihack lebih parah, silahkan check ke sini, sini, dan kalau kamu pengen tahu lebih lanjut bedanya hacker, defacer, cracker, phreaker, sok aja cek ke sini (karena jujur saja, pengetahuan saya soal ini, minim sekali teman..hohoho)


Salam! Dan selamat malam jumat!

2 Kicauan:

{ Aldriana A. Amir } on: November 22, 2011 at 11:14 PM said...

yay, blognya udah kembali sehat dg tampilan baru! :)) ah, tentunya ini sangat bermanfaat dong, thanks udah share solusinya! :)

owh, ternyata yg bikin kena hack blogmu ini krn widget yg kyk shoutbox itu ya, Ca?

{ thisisrizka } on: November 23, 2011 at 10:03 PM said...

iyaaa Mbaa..makanyaaa.. nggak aku pasang dulu deh.. Uhuhihi :P

Post a Comment

Whom I've been grateful of

Blog Statistics

Recent Comments

Archives

Popular Posts

 
Copyright © 2010 Thisisrizka, All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger