KTP

/ Thursday, April 07, 2011 /
Bulan Maret lalu, saya memperpanjang KTP yang sudah kedaluarsa. Status 'pelajar' di KTP saya tadi harus diganti, karena faktanya, meskipun saya masih belajar, saya udah nggak 'pelajar' lagi.  Pas saya bilang sama ibu saya, beliau hanya berkata, "Ya mau diganti apa lagi?" Saya juga bingung sih, habisnya, kerjaan aja saya belum dapet. Karena saya nggak mau tulisan status pada KTP saya tadi berganti menjadi 'belum bekerja' selama 5 tahun, saya pun akhirnya memutar otak yang makin terkikis akibat skripsi. 

Setelah mendengarkan saran dari ayah saya, akhirnya saya pun mengisi status KTP saya sebagai 'wiraswasta'. Mengapa 'wiraswasta'? Yah, mau ditulis apa lagi? Kalau nanti saya tulis sebagai 'swasta' atau 'karyawan swasta', bisa berabe kalau nantinya saya ditanya, "Perusahaan manakah tempat Anda bekerja sebelum Anda melamar di sini?" Nggak mungkin lah ya, saya bilang, "Aah, itu cuman reka-rekaan saya aja kok Pak."

Setelah menunggu perubahan status KTP (yang mau nggak mau, harus merubah Kartu Keluarga juga) saya akhirnya mantap dengan status KTP saya yang baru ini. Agak aneh sih pas ngelihat statusnya, 'wiraswasta'. Meskipun saya bukan 'wiraswasta' sebenar-benarnya, saya nggak nolak kok kalau dikasih modal buat bikin usaha sendiri. Usaha sendiri tuh ada enak dan nggak enaknya sih, kita bisa jadi bos buat diri kita sendiri. Hehehe.. :P

Indonesia, dengan sekian banyaknya sarjana yang membludak setiap saat dan jumlah lapangan pekerjaan yang sedikit, membuat pilihan untuk jadi wiraswasta menjadi hal yang sangat menggiurkan. Asyik juga loh, bikin usaha sendiri, dan membuat lapangan pekerjaan buat orang lain. Jujur, saya kepingiiiin banget bikin usaha sendiri, daripada makan lahan pekerjaan orang lain.. *tsaaah.

Sebagai anak HI, sebenarnya pilihan pekerjaan kami cukup banyak (tapi, sayangnya nggak semuanya cocok sama background ilmu yang kami ambil). Selain mendaftar ke Kementrian Luar Negeri, sebenarnya ada banyak sekali pilihan kerjaan lain yang nggak kalah keren, ke BUMN, Bank, perusahaan minyak, atau perusahaan multinasional lain. Tapi, seringkali kami hanya apply ke perusahaan yang mencantumkan pelamar dari any major atau jurusan apapun. Kenapa? Karena jarang sekali ada perusahaan yang mencantumkan: membutuhkan pelamar dari jurusan Hubungan Internasional. Padahal kalau dibilang, lulusan kami juga nggak kalah saing sama jurusan sosial yang lain loh. :P


Dan...

Saya pun memandangi KTP saya lagi. Tulisan 'wiraswasta' kembali bergelanyut di kepala saya.

Jadi, kalau nanti ada yang menanyakan perihal status KTP saya ini:

Q: "Jadi, kamu wiraswasta? Usaha apa yang kamu tekuni?"
A: "Usaha mencari kerja."

15 Kicauan:

{ dePerta } on: April 8, 2011 at 12:12 AM said...

betu betul...dulu saya juga ngalamin kaya kamu dear
^_^

{ Sya } on: April 8, 2011 at 12:24 AM said...

Ahahha, bukankah hidup ini adalah usaha???
Semoga cepet dpt kerja ya Neng :)

{ i-one } on: April 8, 2011 at 5:31 AM said...

haha...
moga cepat dapet kerja ya..
salam kenal

{ dunia kecil indi } on: April 9, 2011 at 10:32 AM said...

hihi, kalo aku malah kebalikannya.. bekerja, tapi di KTP statusnya mahasiswa :p

{ thisisrizka } on: April 15, 2011 at 6:56 AM said...

@deperta: semacam siklus ya? ^,^

@tasya: makasih ya syaa buat doanya.. :D

@i-one: makasih ya iwan buat doanya, salam kenal juga. :)

@mba indi: waah, enak sih kalau statusnya masih 'mahasiswa' atau 'pelajar', berasa muda terus.. ahaha :P

{ Ello Aristhosiyoga } on: April 23, 2011 at 8:36 PM said...

Usaha mencari kerja? hahahah.... jenis pekerjaan yang oke punya!

{ thisisrizka } on: April 26, 2011 at 9:55 AM said...

hihihi.. :P

{ kamal } on: April 26, 2011 at 1:29 PM said...

ya harus wiraswasta donk..hehe

{ Saga Amelia } on: April 26, 2011 at 11:03 PM said...

wah sama.. pengangguran terselubung.. hihihi..
semoga cepet dapet modal buat berwirausaha ya.. :D

{ thisisrizka } on: April 27, 2011 at 12:21 AM said...

@kamal: maunya sih gitu! hoho

@Amel: amiin amiin.. makasih buat doanya ya Mel :P

{ ratu ralna } on: May 8, 2011 at 4:45 AM said...

aku suka kata2 kamu yang "wirausaha mencari kerja" semangat riska :) semoga dapet yang terbaik yah

eh tapi yang paling rasis ada tulisan gini nih di info lowongan kerja
"kami menerima semua jurusan kecuali jurusan kesehatan"

semangat.. semangat gaya cheerleaders

{ thisisrizka } on: May 8, 2011 at 8:45 PM said...

haa? seriusan ada yg begitu Na? Kejaaaam.. :((

kamu lg profesi sih ya?? enaknya sekolah lagi, hehehe..

{ ratu ralna } on: May 11, 2011 at 9:09 AM said...

iyah nih cha tapi nga lanjut aku jadinya kerja di jakarta jadi nga lanjut apoteker hehehe..

ninit on: June 7, 2011 at 5:40 AM said...

wiraswasta beneran yuk ca..
kamu nggambar trus kita jual ;))

{ thisisrizka } on: June 12, 2011 at 7:15 PM said...

boleh. Ahaha

Post a Comment

Whom I've been grateful of

Blog Statistics

Recent Comments

Archives

Popular Posts

 
Copyright © 2010 Thisisrizka, All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger