Kenapa mesin VW Kodok ada di belakang?

/ Friday, August 20, 2010 /
Siapa sih anak kecil yang nggak suka VW Kodok? Saya aja yang udah gede sukanya minta ampun *lebay.. Tapi, pernah nggak sih terlintas, kenapa mesin VW Kodok ditaruh di belakang? Kenapa nggak di depan kayak mobil-mobil lain? Atau di bawah, kayak mobil-mobil niaga? Bah, saya sempet kepikiran sih, tapi nggak ngebet buat pengen tahu juga..wekeke.. :P

Mesin VW Beetle alias VW Kodok, ada di belakang mobil
 
Bagasi depan mobil VW Kodok, dipake buat tempat ban serep.

Mesin mobil VW Kombi,ada di belakang juga.


Jadi, setelah saya perhatikan, dari semua VW jadul, ternyata nggak cuman VW Kodok aja loh yang mesinnya di belakang! Yang saya tahu sih, mesin VW Safari, VW Kombi, VW Varian, Karmann Ghia, juga ada di belakang -sementara bagasi depannya dipake buat nyimpen serep ban mobil. Sayangnya, VW Kodok terakhir yang diperkenalkan di Detroit Auto Show 1994, mesinnya udah di depan -udah kayak mobil-mobil lain pada umumnya. Nah, yang nggak kalah menarik, ternyata mobil-mobil mewah kayak Porsche, Ferarri, dan Lamborghini mesinnya di belakang loooh! *bangga

Kenapa mesinnya ada di belakang?

Setelah meminta wangsit ke mbah google, banyak dari referensi yang bahasanya sukar dimengerti, makanya saya memutuskan untuk cari tahu dan mencernanya sendiri (saya buta mesin soalnya). Ternyata oh ternyata, ada beberapa faktor kenapa mobil VW Kodok mesinnya di belakang:
  1. Penumpang lebih nyaman, karena kabin jadi senyap. Penumpang depan nggak kepanasan, soalnya mesin ada di belakang.
  2. Performa mobil bermesin belakang terhitung lebih bagus ketimbang mobil bermesin depan. Mesin belakang memberikan tenaga langsung ke roda, jadi mesin lebih ringan dan bergairah, ups, maksud saya, bertenaga. Makanya, mobil-mobil yang mengandalkan performa biasanya mesinnya di belakang, terutama mobil yang kekuatannya lebih dari 200 horsepower.
  3. Desainnya simpel dan menjadikan mobil mudah dikendalikan (baca lebih lanjut di sini). Mesin mobil yang di depan cenderung sukar buat ngendaliin roda belakang. Soalnya, untuk mengendalikan roda belakang, mesin depan harus melewati corong panjang dulu.
  4. Mobil bermesin belakang juga nggak gampang limbung (understeer atau oversteer) saat menikung, soalnya distribusi berat seimbang, akibatnya mobil mudah dihandling. Porsche paling bagus menghadapi keadaan oversteer, kalau VW saya kurang tahu, nggak pernah dirasain soalnya.. :P
  5. Mesin belakang juga lebih tahan berbagai medan, mau di lumpur, pasir, es, salju, mesin belakang mobil tetep memberikan traksi yang baik buat roda belakang, terutama bagi mobil kendali roda belakang (rear wheel drive -RWD).
  6. Mesin belakang lebih dingin, dan pendinginnya alami (air-cooled), jadi nggak perlu puyeng-puyeng mikirin soal air radiator yang habis (water-cooled), soalnya VW tua semacam ini emang nggak punya radiator.. :P
  7. Mesinnya dari aluminium dan campuran magnesium, yang kuat tapi tetep ringan. Dia juga didesain dengan gesekan minimum, sehingga kamu nggak banyak membutuhkan oli. Saking efisiennya, kecepatan maksimum dan kecepatan jelajah nyaris sama.
  8. Selanjutnya silahkan dibaca saja keunggulan mesin belakang di sini. Saya puyeng bacanya, wekeke.. @,@

Setelah ngebaca tentang keunggulan mesin belakang, saya lantas kepikiran, kenapa mayoritas mesin mobil ditaruh di depan ya? Ternyata, ongkos pembuatan mesin di depan lebih murah, ketimbang mesin di tengah (mid engine) maupun mesin di belakang (rear engine) --> [baca lebih lanjut tentang perbedaan ketiganya di sini].

Selain itu, mayoritas mobil yang kita temui di jalan, menggunakan kendali roda depan (front wheel drive -FWD), sehingga bakalan lebih mudah jika menggunakan mesin depan. Sementara itu, mobil dengan mesin belakang (rear engine) biasanya menggunakan kendali roda belakang (rear wheel drive -RWD). Tentang bedanya kendali roda depan dan belakang, tolong jangan tanya saya. Saya mau tanya dulu sama ahlinya (si mbah, siapa lagi?), kalau saya udah tahu, nanti saya bagi di sini deh.. *kedip-kedip*

Lila, dan saya, ketika masih sekolah dasar, duduk di atas kap mobil VW milik Ayah. 
Syukurlah, sampai sekarang VW kami yang satu ini masih ada. :)

Sekian dulu bincang-bincang VW-nya, nanti kalau ada waktu  (dan saya udah tahu), bakalan disambung lagi. Cuuups! Mwaaah! 

Oh ya, bagi yang sudah tahu, tolong koreksi jika saya salah ya.. :)

It's not a car, it's Volkswagen.
Photobucket

25 Kicauan:

{ Aldriana A. Amir } on: August 21, 2010 at 6:53 AM said...

Ahh.. Menyenangkan sekali punya mobil klasik, apalagi kalau mesinnya masih sip dan bandel. Ditambah lagi kalau itu mobil hasil turun-menurun, pasti bangga banget rasanya ya! :D

Aku pingin banget punya mobil klasik, terutama Morris Mini, Ca! Mungil2 menggemaskan gimanaaaa gitu.. ;D

{ ratu rikfi ismuha } on: August 21, 2010 at 10:40 AM said...

bagus cha postnya. nambah ilmu. btw, itu fotonya jadul sekali hehehe.....

{ Rizka Amalia (Ica) } on: August 21, 2010 at 11:31 AM said...

@mbak Aldriana:wahahahaha, iya mbak! saya lagi pengen banget Karmann Ghia..atau Chevrolet Impala, sayangnya tak ada uangnya..hihihi.. Waw, Morris Mini! Itu bukannya mobilnya Mr.Bean ya? Ntar setirnya dicopot aja mbak kalau parkir, biar nggak dicolong orang, wekeke..
Aaah, jadi pengen Mini Cooper juga.. *rakus*

@Rikfi: hihihi..makasih Fi, iya tuh, jaman aku masih SD..masih cupu.. (skg juga masih cupu sih), hehe jadi maluuu :">

{ Aldriana A. Amir } on: August 21, 2010 at 9:08 PM said...

Hahaha! Iya, suka Morris Mini gara2 liat film Mr. Bean.. Ga perlu diparkir dan ga usah dicopot stirnya, Ca.. Kan tinggal dikantongin aja mobilnya.. XD

Weits, itu mobil impiannya keren2 banget! Tp kalo kena macet ga bisa nyempil2 tuh Ca, trus ga bisa masuk ke gang2 sempit, soalnya bodi mobilnya kan lebar, hehehe.. :P

{ Rizka Amalia (Ica) } on: August 22, 2010 at 3:12 AM said...

ahaha, iya sih mbak..lebaaar, kayak pantat sayaa.. hihihi..

mbak ternyata suka mobil-mobil kuno juga ya? awww...saya makin ngefans sama mbak! :P

{ ninit } on: October 22, 2010 at 4:15 AM said...

well researched, jeng!
nambah info buatku :D

{ Rizka Amalia (Ica) } on: October 22, 2010 at 4:42 AM said...

makasih mbak! :D

Anonymous on: May 8, 2012 at 5:34 AM said...

keren

Anonymous on: May 8, 2012 at 5:53 AM said...

keren

Anonymous on: April 8, 2013 at 1:15 PM said...

You can certainly see your skills in the work you
write. The arena hopes for even more passionate writers like you who aren't afraid to say how they believe. At all times follow your heart.

Here is my homepage sian

{ Xathrya } on: June 4, 2013 at 11:23 AM said...

Karena mesin di depan terlalu mainstream.. dan yang punya VW kodok biasanya anti mainstream...

Anonymous on: July 29, 2013 at 11:56 PM said...

Emang gitu kali.

Anonymous on: July 31, 2013 at 1:35 AM said...

Masa iya.

{ Toko Herbal } on: September 5, 2013 at 9:18 AM said...

terima kasih sharingnya

{ Raras } on: October 12, 2014 at 4:11 PM said...

karena kalo mesinnya di depan, kodoknya gak bisa lompat , xexexe

{ harun } on: March 26, 2016 at 3:27 AM said...

mesin depan memudahkan pendinginan mesin,
dengan demikian mengukur dan mencapai efisiensi volumetrik yg diharapkan dgn menyesuaikan rasio kompresi (compression ratio - CR) lebih mungkin dilakukan jika mesin ada di depan.
meski demikian dgn jalanyg smakin hari bertambah macet, mobil bermesin belakang dgn CR (fuel octane juga) bisa rendah pantas dilirik juga sih

{ Wahyu Ramdan } on: September 12, 2016 at 12:52 AM said...
This comment has been removed by the author.
{ Wahyu Ramdan } on: September 12, 2016 at 12:54 AM said...

Terima kasih kakak.😊. Terselesaikanlah perdebatanku ama ebes. Ternyata vw kodokku gak ada radiatornya....😄😄

{ Wahyu Intan } on: October 4, 2016 at 11:39 PM said...

obat pembesar penis
vimax di medan
obat vimax di medan
jual vimax di medan
vimax medan
obat vimax medan
jual vimax medan
obat vimax
vimax
jual vimax izon
obat vimax izon
pembesar penis medan
obat pembesar penis medan


klg di medan
jual klg di medan
obat klg di medan
klg medan
obat klg medan
jual klg medan
obat klg
klg
obat pembesar penis di medan
pembesar penis di medan
obat pembesar penis
klg


obat kuat di medan
obat viagra di medan
jual viagra di medan
obat kuat viagra di medan
viagra asli di medan
jual viagra asli di medan

{ obat pembesar penis } on: October 4, 2016 at 11:44 PM said...

numpang lewat boss.

{ obat klg } on: October 4, 2016 at 11:45 PM said...

mantap boss..

{ Create short url } on: February 13, 2017 at 1:16 PM said...

Create short url
موقع اختصار الروابط
Create short url
موقع اختصار الروابط
Create short url
موقع اختصار الروابط
جلب الحبيب
الشيخ الروحاني
Create short url
موقع اختصار الروابط
Create short url
موقع اختصار الروابط
Create short url
موقع اختصار الروابط
الشيخ الروحاني
جلب الحبيب
Create short url
موقع اختصار الروابط
Create short url
موقع اختصار الروابط
Create short url
موقع اختصار الروابط
نسوانجي
http://www.3nwan.net/vb
http://www.sheikhmaghreb.com/

{ anabolic rx24 asli } on: July 5, 2017 at 1:58 AM said...

nice blog

{ Titan Gel asli } on: July 5, 2017 at 2:01 AM said...

sip

{ masalikhan } on: July 5, 2017 at 2:05 AM said...

Cream Titan Gel
Titan Gel Asli
Obat Biomanix
Ciri-ciri Vimax Asli
Ciri-ciri Anabolic 24rx Asli
Obat Anabolic
24rx Asli

Hammer Of thor asli
Obat Forex Asli
Forex Asli
daun bungkus papua asli
Vmenplus Asli
Ciri-
CiriVmenplus Asli

Post a Comment

Whom I've been grateful of

Blog Statistics

Recent Comments

Archives

Popular Posts

 
Copyright © 2010 Thisisrizka, All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger