Don't eat vegetables (?)

/ Saturday, June 12, 2010 /
view image to enlarge
Aa penjual jus: "Pesen jus apa Teh?"
Saya: (melihat-lihat daftar jus, melewatkan tulisan 'jus wortel' dan berpikir tentang betapa enaknya minum jus alpukat setelah sekian lama)"Pesen jus alpukat aja A."
Aa penjual jus: (sibuk melayani pembeli jus yang lain, lalu menyiapkan pesanan saya) "Teh, jusnya disaring atau nggak?"
Saya: (bingung, membayangkan jus alpukat tanpa sensasi kental) "Lah, jus alpukat bisa disaring ya A?"
Aa penjual jus: "Ooh, tadi bukan pesen jus wortel ya?"
Saya: "Ealah, Aa.. Saya bosen minum jus wortel mulu. Pengen ganti menu."
Aa penjual jus: "Wah alpukatnya habis Teh.."
Saya: (melihat si Aa yang ternyata udah memotong-motong wortelnya untuk dimasukkan ke dalam blender) "..ya udah deh A, jus wortelnya satu. Nggak usah disaring." (dalam hati: jodoh amat ya saya sama si wortel?)


Percakapan nggak penting di atas ngebuat saya inget sama keinginan (sangat) kecil saya untuk jadi vegetarian. Kenapa? Karena selain lebih sehat, saya juga ngerasa kurang banget makan sayur. Bahkan, akhir-akhir ini, setiap kali saya ngelewatin tukang jus deket kosan, saya selalu kepikiran sama jus wortel. Sesaat sebelum tidur, hal pertama yang terlintas di kepala saya adalah: jus wortel. Waktu mau makan siang, hal pertama yang dipikirin adalah: jus wortel. Pokoknya, apapun makanannya, minumannya jus wortel. Malahan, tiap kali saya lewat, si Aa selalu nawarin, "Nggak pesen jus wortelnya Teh?" Sialnya, temen kosan saya cekikikan sambil memasang muka males tiap kali liat saya nyendokin ampas jus wortel ke mulut, "Aku pikir nggak ada orang yang bakalan beli jus wortel ke si Aa itu, ternyata malah Teh Ica yang demen beli. Beruntung kali si Aa itu wortelnya dibeli Teteh mulu.." (ucapnya dengan nada Medan yang kental) Saya cuman bisa ketawa sambil nawarin, "Mau ampas?" :))

Ya, akhir-akhir ini saya keranjingan minum jus wortel. Padahal, dulu saya enek setengah mati karena tiap hari dijejalin jus wortel sama ibu saya, tapi sekarang? Saya minum karena keinginan diri sendiri. Enak? Nggak seenak jus alpukat sih, tapi saya lebih suka minum wortel dibandingkan alpukat. Hehehe. Oke, lama banget nih ya pengantarnya, langsung aja bahas ke topik utama -> Being vegetarian (buat kamu yang terlalu cinta sama daging, feel free to close the tab, hehehe..tapi buat kamu yang pengen tahu lebih jauh tentang vegetarian, monggo dilanjut bacanya) :))

Apa sih vegetarian itu? Vegetarian itu orang-orang yang makan makanan berdasarkan plant-based diet, seperti buah-buahan, sayuran, sereal gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, atau ada juga yang tetep mengkonsumsi susu (atau dairy product lainnya) dan telur. Kaget? Pertamanya saya juga kaget, kok ada ya vegetarian yang tetep minum susu, makan keju, atau makan telur. Ternyata, itu boleh-boleh aja kok, asalkan nggak makan dagingnya, kayak daging merah, ikan, ayam, bebek, kerang, atau apapun yang ngorbanin atau ngebunuh hewan. Ada beberapa jenis vegetarianism loooh:
  1. Lacto-vegetarianism: ngebolehin buat mengkonsumsi susu, tapi nggak boleh makan telur.
  2. Ovo-vegetarianism: nggak boleh mengkonsumsi susu, tapi boleh makan telur.
  3. Lacto-ovo vegetarianism: ngebolehin buat makan produk-produk dari hewan seperti telur, susu, dan madu.
  4. Veganism: nggak ngebolehin semua bagian tubuh hewan dan produknya, termasuk susu, madu, dan telur.
  5. Raw veganism: cuman ngebolehin buat mengkonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, serta sayur-sayuran yang segar dan nggak dimasak.
  6. Fruitarianism: hanya ngebolehin buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan tanaman lain yang bisa dipanen tanpa merusak atau membahayakan tanaman.
  7. Su vegetarianism (sama kayak yang diajarkan di ajaran Budha): nggak ngebolehin semua produk dari hewan, termasuk juga sayuran yang merupakan anggota allium family (sayuran berbau kayak bawang merah, bawang putih, daun bawang, atau sejenisnya)
  8. Macrobiotic diets: mengajurkan untuk banyak mengkonsumsi gandum utuh dan kacang-kacangan. (sumbernya) 
  9. Semi vegetarianism: vegetarian tapi nggak ketat-ketat amat. Mereka tetep boleh makan daging sesekali. Nah, vegetarian yang satu ini masih belum diterima sama komunitas vegetarian, mungkin dianggap nggak konsisten kali yaa.. Semi vegetarianism ini ada tiga jenis, yaitu: Flexitarianism (nggak ngebolehin sebagian besar daging, tapi boleh makan daging dalam kondisi tertentu), Pollotarianism (nggak boleh makan daging ayam, bebek, dkk, tapi boleh makan daging mamalia, ikan, dan seafood), dan Pescetarianism (nggak boleh makan daging mamalia , ayam, bebek, dkk, tapi boleh makan ikan dan seafood).

Nah, kalau vegetarianism yang ketat, malah sama sekali nggak ngebolehin kita buat mengkonsumsi makanan yang mengandung produk-produk hewani (bahkan yang kandungannya nggak tercantum dalam kemasan sekalipun!) Misalnya, keju yang memakai enzim dari lambung hewan, atau produk-produk yang memakai gelatin. Waduh, berat juga yaa. Jadi vegetarian? Kenapa? Pamela Anderson bilang, jadi vegetarian itu ngebuat saya tetep langsing dan singset..*halah apa sih?*

Aaah sudahlah, topik ini terlalu berat untuk otak saya yang mini ini! Buat kamu yang pengen nyobain jadi vegetarian, sok geura cek web ini atau web ini, boleh juga klik web vegetarian guide berbahasa Indonesia yang satu ini. Kalau saya sih, mau coba Lacto-ovo aja deh.. hihihi.. Say goodbye to Ayam Haryanti... *sedih* :PPhotobucket

9 Kicauan:

{ ratu ralna } on: June 12, 2010 at 11:13 AM said...

aku mah nga mau jadi vegetarian ahahahahha.. jus wortel digabung ama jeruk lemon enak loh :p.. tapi baunya tetep ajah huehehe.. nga suka.. kosan di ciseke yah ahahahahahaaha.. enak apa yah jus wortelnya???

Btw aku suka karikaturnya :)

{ Rizka Amalia (Ica) } on: June 12, 2010 at 12:07 PM said...

hehe, aku pengen belajar jadi vegetarian meskipun dikit-dikit Na. hehehe, biar b-a-b lancar.. *apa sih?*
enak looh jusnyaa..iya lemon sama wortel, cobain deh wortel pepaya, aku suka. kalau rasanya dicampur cuman nambah 500 lagi! enak deh, udah enak, lebih murah daripada yg di ciseke gede. *lah, malah promosi* :))

{ Yanti ryalex } on: June 13, 2010 at 12:16 AM said...

Aku mikir klo aku jadi vegetarian bakal gak gemuk2 *pikiran sesat* tapi gak enak juga jadi vegetarian, pas lebaran gak bisa makan daging hehe

oh iya kak, boleh minta tolong gak? Tolong klik judul blog ku deh didashboard kaka ya, makasi xD

{ Rizka Amalia (Ica) } on: June 13, 2010 at 3:53 AM said...

okee, diklik aja yan? udah nih, youngakogare? aktif lagi nih ceritanyaa?

{ Deden El-Razy } on: June 13, 2010 at 7:29 PM said...

kunjungan persahabatan..............

{ Yanti ryalex } on: June 13, 2010 at 8:06 PM said...

Iya biar ada feed dari blog aku dari dashboard orang2 yg follow, blog aku kan mulai terkenal *lah?, kepedean* :P

{ Rizka Amalia (Ica) } on: June 13, 2010 at 9:53 PM said...

@Deden: makasih yaa buat kunjungannya. :)

@Yanti:cieeeh yang mulai banyak follower.. wekeke.. wah, ceritanya harus sering update nih! :P

Anonymous on: January 30, 2012 at 7:22 PM said...

hahahaha... kita punya nasib sama banget ya.. sama2 suka juice wortel . dan sama2 diketawain sama temen kosan kalo pas makan ampas wortel nya,, hahaha

{ thisisrizka } on: February 2, 2012 at 10:00 AM said...

ahaha, tapi "enaak kaaan?" *niru gaya ngomongnya ibu Dara*

Post a Comment

Whom I've been grateful of

Blog Statistics

Recent Comments

Archives

Popular Posts

 
Copyright © 2010 Thisisrizka, All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger