Tahun baru sebentar lagi...

/ Sunday, December 06, 2009 /
"...Resolutions, baby they come and go
Will I do any of these things? The answers probably no
If there’s one thing I must do, despite my greatest fears
I’m gonna say to you, how I felt all of these years
Next Year
Next Year..."

Jamie Cullum, Next Year Baby


Nggak berasa sebentar lagi udah tahun 2010. kayaknya cepet banget ya waktu berlalu... Dan sedihnya sebagian keinginan saya tahun kemarin belum kesampaian. Yaaa, deket-deket tahun baru, yg kepikiran di kepala emang nggak jauh-jauh dari 'resolusi'. "Resolusi tahun depan apa ya??," pertanyaan itu muncul terus di kepala banyak orang setiap menjelang tahun baru. Yup, istilah 'resolusi' ini emang bakalan sering banget kita denger tiap bulan Desember. Tapiiii, adakah dari kita yang tahu apa itu resolusi?? Jujur aja ya, sebelum nulis tentang ini, saya latah aja ngomong 'resolusi-resolusi'-an tiap tahun baru. Sampai akhirnya saya penasaran sama arti 'resolusi' ini.
Sebenernya saya pengen banget nyari artinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tapi sayangnya saya nggak punya..(hehehe..jadi malu). Jadi saya putuskan untuk minta tolong mr.google, kali aja ada orang yang ngutip arti 'resolusi' langsung dari KBBI. ...dan akhirnya saya temukan juga! :P

Resolusi dalam KBBI (2005):
Putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berupa tuntutan tentang suatu hal.


Hmm, bisa dimengerti... Ini berarti 'resolusi' dalam bahasa Indonesia seharusnya diartikan sebagai "tuntutan kepada pihak lain, di luar diri sendiri..misalnya pemerintah, pejabat, atau penguasa." Maka dari itu, nggak heran kalau penggunaan kata 'resolusi' dipakai juga pada sebagian besar keputusan DK PBB, misalnya: Resolusi DK PBB nomor.1803 buat Iran. Nah, yang jadi perhatian saya di sini, kenapa banyak orang memakai istilah 'resolusi' buat ngungkapin 'keinginan' atau 'janji' tahun baru mereka? Dari sini, saya jadi kepikiran kalau kata 'resolusi' ini jadi kata yang diserap dari bahasa Inggris. Maka, jari saya pun bergegas menuju Encarta Dictionary (wahaha, saya terlalu males buat beranjak dari tempat duduk dan ngebuka kamus). Ternyata, 'resolusi' in English alias 'resolution' punya banyak arti:
  • decree, declaration, decision, motion, ruling.
  • promise, pledge, oath, vow.
  • resolve, determination, steadfastness, tenacity, firmness, perseverance, doggedness, purpose.
  • solution, answer, end, upshot, outcome.
Jadiii...dari penjelasan singkat yang saya dapet tadi, saya mulai berpikir kesalahkaprahan saya selama ini. Mungkin bakalan lebih tepat jika saya menggunakan kata 'janji' atau 'komitmen' dibandingkan kata 'resolusi'. Walau mungkin terdengar lebih keren, tapi kata 'resolusi' (idalam bahasa Indonesia, yg diserap dari bahasa Inggris) nggak cucoook buat nyatain keinginan, janji, atau tuntutan yang ditujukan buat diri sendiri. Saran saya, kalau mau cari aman, gunakan kata  gantinya aja, terserah kamu mau pake kata 'janji' atau 'komitmen'. Tapiii, kalau kamu masih pengen pake kata 'resolusi', biar nggak salah arti, ucapin in English aja. Soalnya arti 'resolution' lebih luas..dan artinya mencakup janji (promise) terhadap diri sendiri.. Wah karena begitu, sekarang saya memilih aman aja, kayaknya saya bakalan lebih sering pakai bahasa ibu saya deh.. hehehe...
jadiiiii...teman-teman, resolusi, eh..janji, kalian buat tahun ini apa??




Oops, sebelum saya lupa, seperti biasanya, postingan saya selalu diakhiri dengan quote... Langsung aja, tanpa ba-bi-bu lagi, quote saya hari ini adalah:

"One resolution I have made, and try always to keep, is this:  To rise above the little things."

John Burroughs


-R.A.-

10 Kicauan:

{ blogwalker } on: December 6, 2009 at 8:50 PM said...

aku pengen belajar.....
kuangi main...
tp naik gunung tetep...

{ ThisisRizka } on: December 6, 2009 at 10:41 PM said...

hahaha, aku ingin begini aku ingin begitu..ingin ini ingin itu banyaaak sekaliii...
semua semua semuaa.. dapat diikabulkan.. dapat dikabulkan dengan kantung ajaib..

{ blogwalker } on: December 7, 2009 at 8:05 PM said...

hahahaha lagunya doraemon....

konna koto ii na
dekitara ii na
anna yume konna yume ippai aru kedo

minna minna minna
kanaete kureru
fushigina POKKE de kanaete kureru
sora wo jiyuu ni tobitai na

{ ThisisRizka } on: December 8, 2009 at 4:07 AM said...

waduuh, malah jadi nyanyi..
:)

{ yanti rorie } on: December 8, 2009 at 10:46 PM said...

Aku gak mau punya komitmen ah tahun depan :-D

{ ThisisRizka } on: December 9, 2009 at 12:47 AM said...

hahaha, takut nggak kesampaian ya Yan?? >,<

{ blogwalker } on: December 10, 2009 at 1:30 AM said...

harus ada target entah kesampaian atau tidak.. yang penting ada target berarti ada niat, ada niat insyaAllah ada jalan... bener ga??

{ ThisisRizka } on: December 10, 2009 at 7:03 AM said...

bethul!! target itu penting. ada target=ada tujuan mau kemana, nggak ada target=nyasar.

{ blogwalker } on: December 10, 2009 at 10:19 AM said...

tumben bener km cha... wkwkwkwkwkw

{ ThisisRizka } on: December 10, 2009 at 11:38 AM said...

lagi lurus dan agak encer nih otaknya. :P

Post a Comment

Whom I've been grateful of

Blog Statistics

Recent Comments

Archives

Popular Posts

 
Copyright © 2010 Thisisrizka, All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger